Langsung ke konten utama

Belajar dari air 3

 2. Semangat Melayani

Mengenai air Zamzam, Rasulullah saw bersabda,"Air Zamzam akan menjadi seperti apa yang diniatkan orang yang meminumnya." (Shahihul Jami':5502).

Kalau seseorang minum air Zamzam dengan niat mengobati penyakit, maka Allah akan memberikan kesembuhan. Kalau untuk mengusir rasa lapar, maka Allah akan menjadikan kenyang. Kalau untuk memenuhi suatu hajat, maka Allah akan memenuhi hajatnya. Rasulullah saw. bersabda,"Air Zamzam akan menjadi seperti apa yang diniatkan peminumnya. Barangsiapa meminumnya untuk menghilangkan penyakit, maka Allah akan menyembuhkan penyakitnya, atau untuk mengusir rasa lapar, maka Allah akan mengenyangkannya, atau untuk menutupi suatu kebutuhan, maka Allah akan memenuhi kebutuhannya." (Al-Jami'ush Shaghir:7761).

Begitu juga seorang Mukmin, ia akan senantiasa berusaha untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada saudaranya sesama Muslim. Ia akan membantu saudaranya dengan segenap kemampuan yang dimilikinya. Seorang ulama salaf berkata,"Kalau ada seseorang datang kepadaku untuk meminta bantuan, maka aku akan membantunya dengan sejumlah uang yang dibutuhkannya. Jika tidak memiliki uang, maka aku akan bekerja dan memberikan upahku kepadanya. Jika tidak mampu bekerja, maka aku akan meninta tolong kepada orang lain yang memiliki kemampuan untuk membantunya. Jika tidak mampu, maka aku berdoa kepada Allah agar melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada orang yang membutuhkan bantuan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini