Langsung ke konten utama

Gojek vs grabbike

"Gojek Vs Grabbike: Contoh Pertarungan Bisnis & Perang Harga Demi Eksistensi"

Beginilah pola-pikir individualisme yang diberanakkan ideologi liberalisme. Sekaligus mindset bersaing dan bertarung sbagai "homo economicus rakus", abau bahwa manusia juga "homo-socious", "homo-ethicus", "homo-humanus" dan " homo-religious" (homo- Kalifatullah yg manificus)

Disebut2 Gojek baru saja mendapatkan pendanaan sktr 250an milyar dari Sequoia. Dg imbalan saham sktr 5 - 7%.  business + strategy

Dg skema pendanaan spt itu, maka valuasi perushaan Gojek ditaksir sekitar 3 - 4 triliunan. Hmm. Adakah ini gejala "gelembung dotcom".  business + strategy

Sequoia adlh jg yg memberikan pendanaan 1.3 triliun ke tokopedia. Sequoia adlh dewa dunia dlm venture capital.  business + strategy

Proses pembesaran gojek (scaling) rasanya cukup kompleks. Valuasi senilai 3 - 4 triliun adlh estimasi investor yg cukup ambisius.  business + strategy

Selain resistensi dari ojek pangkalan, Gojek mendapat serangan frontal dari Grab Bike yg modalnya triliunan.  business + strategy

Grab Bike adlh bisnis dari malaysia yg expand ke indonesia. Didirikan oleh Anthony Tan, sobat nadine makarim pendiri gojek.  business + strategy

Anthony Tan pendiri grab taxi/grab bike ini alumnus harvard business school juga (sama spt nadine makarim pendiri gojek).  business + strategy

Grab bike jg baru saja mendpt pendanaan dari softbank senilai 3.5 triliun. Sebagian digunakan untk serang Gojek. Serangan brutal.  business + strategy

Grab bike bikin tarif promo 5 ribu kemana saja. Serang tarif promo gojek 10 ribu. Price war yg berdarah2. Nadine sdh teriak2.  business + strategy

Grab bike jg kasi 90% komisi ke driver. Gojek hanya 80%. Grab bike kasi bonus umroh utnk driver yg berprestasi. Tukang ojek naik umroh! business + strategy

Price war. Ini tipikal kompetisi dalam red ocean, bukan blue ocean. Dlm jangka panjang bisa membuat semua players bangkrut.  business + strategy

Perang harga jg lama2 justru bisa merugikan konsumen. Sebab spek jadi makin turun krn harga makin jatuh.  business + strategy

Kenapa selalu ngeri naik lion air? Krn itungan harga tiketnya ndak rasional. Lama2 pesawatnya bisa kolaps krn biaya perawatan menyusut. business + strategy

Tapi kemajuan teknologi bisa menurunkan harga scra dramatis memang. OnePlus 2 adlh kisah fenomenal ttg price destruction.  business + strategy

Kalian tau dong OnePlus itu apa? Kapan2 admin akan ulas sejarahnya. Lebih ambisius drpd xiaomi. business + strategy

Kembali ke Gojek. Perang harga dari Grab Bike lama2 bisa membuat gojek rugi. Dan pelan2 bisa bangkrut. Belum resistensi ojek pangkalan. business + strategy

Sbrnya lebih enak mendanai bisnis spt hijabenka atau hijup. Daripada bisnis spt tokopedia atau gojek. Rumit dan penuh kompleksitas.  business + strategy

Kalau tarif normal 25 ribu, perushaan gojek dpt 5 ribu (20%). Mrka harus dpt 10 ribu order per hari, agr punya revenu 1.5M per bulan.  business + strategy

Net revenue 1.5M/bulan terlalu sedikit untk bisnis yg valuasinya dihargai 3 triliunan. Harusnya minimal 15M/bulan. #GojekStory  business + strategy

Namun untk dpt 15M/bulan, gojek harus dpt order 100 ribu kali per hari. Sebuah angka yg tinggi namun achievable jg. Asal ndak ada Grab Bike.  business + strategy

Ironi juga. Tan dan Nadine sesama teman saat kuliah di Harvard Business School. Kini bertempur dlm bisnis yg kompleks : jasa ojek jalanan. business + strategy

Btw, Hijup baru2 ini jg mendapatkan pendanaan modal dari investor. Tak disebut jumlahnya, namun mungkn sktr 50an milyar.  business + strategy

Hijup. Hijabenka. Saqina. Tiga simbol ledakan kelas menengah muslim wanita indonesia. Memburu omzet triliunan dari ledakan itu. business + strategy

Banyak kantor tech/ecommerce spt tokopedia, hijabenka, dll ada di area slipi. Maka skrng slipi berubah nama jadi "slipicon valley".  business + strategy

"Ciptakan Peluangmu". Ini tagline iklan terbaru tokopedia. Ada di berbagai papan reklame di jalanan kota jakarta. Bagus taglinenya.  business + strategy

Papan reklamenya warna hijau. Kosong. Hanya ada kalimat ini ditengahnya : "ciptakan peluangmu". Kalimat lugas nan menggugah. #tokopedia  business + strategy

Jadi apa peluang yg ingin kamu ciptakan tahun ini? Atau tahun depan? Think and make it happen. business + strategy

Sebab peluang bisnis yg bagus itu yg dijalankan. Bukan terus ditanyakan, dianalisa dan dipikir2. Pikir terus wae le sampe pensiun....  business + strategy

Mikir peluang bisnis terus sampe pensiun. Bar pensiun duite entek. Modar sampeyan le. Arep mangan opo sampeyan.  business + strategy

Ciptakan peluangmu. Create your own oppotunity. Create your own destiny.Create your own history.  business + strategy

Choose your soulmate wisely. 
#jualan  pulsa www.mediatelreload.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini