Langsung ke konten utama

Faktor Faktor Penyebab Dosa dan Maksiat

Setiap Orang siapapun tanpa terkecuali pasti ingin selamat hidupnya. Semua yang ingin selamat harus mengetahui Faktor Faktor Penyebab Dosa dan Maksiat, dengan demikian mereka bisa menghindari nya.

Faktor Faktor Penyebab Dosa dan Maksiat 


Pertama, adanya kesempatan dan kemampuan. 

Hati yang sedang kotor akan mudah tergoda dan terjatuh dalam lubang kemaksiatan dan dosa ketika merasa ada kesempatan dan ada kemampuan untuk melakukan dosa tersebut.


Kedua,  teman yang jahat.

Teman sangat memengaruhi perilaku seseorang. Banyak orang yang berubah dari saleh menuju jahiliyah, karena pengaruh teman. Begitu pula sebaliknya. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,


 "Seseorang itu akan mengikuti agama sahabatnya. Oleh karena itu, setiap orang dari kalian hendaknya memperhatikan siapa yang ia jadikan sebagai teman." (HR. Ahmad). 


Juga dalam hadits lain yang artinya, 

"Pemisalan teman duduk yang baik adalah seperti penjual parfum misk (parfum yang paling mahal dan harum). Bisa jadi dia memberimu,  atau engkau membeli parfumnya,  atau engkau mencium keharuman parfumnya. Sedangkan permisalan teman duduk yang buruk adalah seperti pandai besi. Bisa jadi dia membakar pakaianmu atau emgkau akan mencium aroma busuk darinya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Ketiga,  menyepelekan dosa kecil.

Bantak orang yang terjatuh kepada kemaksiatan dan dosa besar,  karena sering menyepelekan dosa-dosa yang dianggap kecil.


Keempat,  dekat dengan sumber-sumber kemaksiatan dan dosa.

Oleh karenanya, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melarang para sahabatnya duduk-duduk di pinggir jalan,  di mana penyebab kemaksiatan banyak terjadi." (HR. Bukhari dan Muslim).


(Sumber: Tulisan Dr. Hasan el-Qudsy)

Komentar

Postingan populer dari blog ini