Langsung ke konten utama

Keluarga seperti apakah?

Keluarga sakinah, masalah, warahmah
Oleh : Cahyadi Takariawan

Sakinah adalah suasana yang tenang, tenteram, nyaman dan damai. 

Keluarga sakinah bukan berarti tidak ada konflik. Namun setiap kali muncul konflik, dengan mudah dan cepat bisa diredam.

Keluarga sakinah bukan berarti tidak ada prahara masalah. Namun setiap datang masalah mampu dihadapi dengan tenang dan damai.

Keluarga sakinah bukan berarti tidak punya beban persoalan. Namun semua beban persoalan selalu mampu dihadapi dan diselesaikan dengan bijak.

Mawaddah adalah cinta yang menggebu-gebu. Biasanya muncul pada pengantin baru. Ditandai dengan sangat banyak aktivitas fisik.

Rahmah adalah cinta yang mendalam dan dewasa. Biasanya ada pada "pengantin lama" atau pasangan yang sudah tua usia. Aktivitas fisik sudah berkurang, namun muncul ikatan jiwa yang sangat kuat.

Ibnu Abbas menggambarkan rahmah sebagai "cinta kasih suami sehingga ia tidak tega dan tidak rela melihat istrinya berada dalam kesulitan".

Sahabat saya KH Syaifuddin pimpinan Ponpes Nurul Wahid Purworejo menjelaskan maksud ungkapan Ibnu Abbas tersebut, "Suami tidak rela membiarkan istrinya kelelahan. Baik lelah lahir maupun lelah batin".

Itulah rahmah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini