Langsung ke konten utama

6 kunci

6 Kunci Kesuksesan dari Arnold Schwarzeneger

Hampir setiap waktu, banyak orang bertanya pada Arnold Schwarzeneger, apa kunci rahasia menuju kesuksesan? Dan, pada satu kesempatan, Arnold menguraikannya. Ada 6 kunci kesuksesan yang memotivasi tiap orang, sebagai berikut:

1. Trust Yourself

Hal pertama adalah percaya pada diri sendiri. Tapi, Anda juga harus terus menggali, menggali, dan menggali lebih dalam lagi ke diri Anda, hingga sampai pada pertanyaan; Anda ingin jadi siapa? Ingatlah, bukan menjadi ‘apa’, tapi ‘siapa’. Lalu, ketika Anda menemukan jawabannya, jangan katakan itu pada orang tua maupun guru Anda. Anda harus mengatakan dan menancapkannya pada diri sendiri. Aku hanya ingin menyampaikan pada Anda untuk memahami diri sendiri. Mengerti apa yang membuat Anda bahagia. Tak peduli itu adalah hal yang paling gila dan tidak masuk akal menurut orang lain. Karena kunci pertamanya adalah percaya pada diri sendiri. Sekali lagi, jangan pedulikan orang lain mau berpikir dan berpendapat apa.

2. Break The Rules

Kunci kedua ialah lakukan suatu terobosan yang baru, yang unik dan tidak biasa. Di kehidupan ini, kita banyak menemukan ide-ide yang sudah umum tentang berbagai hal. Kubilang, lawan segala peraturan dan ide-ide umum itu, bukan menantang hukum yang sudah berlaku. Sulit untuk jadi orang yang unik dan benar-benar orisinal, terutama dalam hal melakukan terobosan. Tapi jika memang tidak memungkinkan, saranku lainnya adalah berpikirlah out of the box. Itu yang kupercaya. Setelahnya, muncul pertanyaan, apa tujuan kita hidup di dunia ini, jika hanya berusaha agar semua orang suka pada kita dan menghindari segala resiko/masalah? Sedangkan cara untuk berkelana dan menjelajahi dunia adalah dengan terobosan-terobosan yang tidak umum.

3. Don’t Be Afraid to Fall

Baiklah, aku akan lanjut pada kunci ketiga, yaitu jangan takut untuk gagal. Setiap hal yang aku usahakan, aku selalu siap menerima kemungkinan kegagalannya. Anda tak mungkin terus-menerus keluar jadi pemenang dan juara, tapi jangan sampai takut untuk membuat keputusan. Jika Anda tak memiarkan dirimu disentuh kegagalan dan ketakutan, Anda tak akan mampu belajar dan terdorong maju. Anda tetap termotivasi dan terdorong karena Anda percaya pada dirimu sendiri, yakin pada impian-impianmu dan tahu jika itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Kemudian, sukses akan datang sendirinya, jadi jangan takut untuk gagal.

4. Ignore the Naysayers

Lanjut pada kunci keempatnya yakni, jangan dengarkan orang-orang yang berusaha menjatuhkan Anda. Beberapa kali Anda dengar orang yang mengatakan Anda tak bisa melakukan ini-itu, dan jika Anda mempercayai mereka, sampai kapanpun Anda tak akan pernah bisa melakukan apapun. Tapi, aku suka ketika orang-orang bilang padaku, jika aku akan gagal karena apa yang ingin kulakukan tak pernah berhasil sebelumnya, bahkan oleh orang lain sekalipun. Karena, dari kalimat itu, aku bisa bangkit dan membuktikannya, lalu menjadi orang pertama yang berhasil mengeksekusi hal itu. Jadi, jangan terlalu mengambil hati pada mereka yang terus mengatakan hal yang menjatuhkan Anda. Aku selalu berisik pada diriku sendiri; ‘ya, aku bisa’.

5. Work Like Hell

Lalu, kita sampai pada kunci kelima. Ini adalah kunci yang penting dari kunci-kunci sebelumnya. Kerja keras. Aku selalu yakin, tak ada batu yang kembali sekali Anda melemparnya. Mohamed Ali, salah satu idola aku, yang berjaya di era 70-an, suatu hari ada yang pernah bertanya pada beliau, “Sudah berapa kali Anda melakukan latihan sit-up?”. Ali pun menjawab; “aku tak menghitung sudah berapa kali aku melakukan sit-up. Aku hanya akan mulai menghitung ketika latihan sit-up aku mulai terasa menyakitkan. Ketika aku merasa sakit itulah, aku mulai menghitung.  Karena pada saat itulah, perjuangan dan ketahananmu benar-benar dinilai.”

Dari jawaban beliau, aku belajar hal tersebut yang membawa seseorang menuju juara. Seperti satu idiom yang mungkin sudah Anda tahu; no pain, no gain. Biar kuceritakan lagi hal lain pada Anda, ketika Anda tengah berpesta dan bersenang-sennag, ketahuilah ada seseorang lain di luar sana pada saat yang bersamaan, sedang bekerja keras. Ketika itulah, orang lain tersebut mampu lebih pintar dan menjadi pemenang. Jadi, tak ada cara lain yang terbaik untuk menjadi juara kecuali bekerja keras. Berusaha keras. Tak ada satupun kunci kesuksesan yang kukatakan dari awal hingga akhir, yang akan berhasil jika tanpa tindakan.

Aku selalu memahami jika kita semua punya 24 jam dalam sehari. Anda tidur selama 6 jam, dan yang Anda punyai akhirnya 18 jam. Dan baiklah, untuk  diketahui saja, aku tidur 8 hinga 9 jam per hari. Hal yang ingin kukatakan di sini adalah Anda tidak bisa menaiki tangga kesuksesan dengan kedua tangan Anda di dalam saku, Anda perlu melakukan usaha. Jadi tidurlah dengan cepat, bangun dan lakukan sebuah tindakan.

6. Give Something Back

Selanjutnya adalah kunci terakhir. Kunci keenam ini adalah tentang giving back, melakukan sebuah kontribusi. Apapun garis atau jalan yang tengah menuntun hidup Anda, Anda harus mampu melakukan kontribusi. Suatu kontribusi untuk komunitas, bangsa bahkan negara Anda. Izinkan aku menyatakan sesuatu pada Anda:  merangkul dan membantu orang, akan membawa Anda pada rasa puas tersendiri dibanding apapun yang pernah Anda lakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini