Langsung ke konten utama

Orangtua, istri dan anak


Seorang Dosen mengadakan permainan kecil pd mahasiswanya yg sdh berkeluarga dan meminta 1 org maju ke papan tulis.

Dosen : "Tulis 10 nama yg paling dekat dgn anda". Lalu mahasiswa tsb menulis 10 nama. Ada  ortu, istri, anak, saudara, teman, tetangga, dst.

Dosen : "Sekarang, silahkan pilih 7 diantaranya yg anda inginkan utk dpt hidup terus bersamanya".

Mahasiswa itu mencoret 3 nama.

Dosen : "Coret 2 nama lagi". Tinggal 5 nama.

Dosen : "Coret lagi 2 nama".

Maka tersisalah 3 nama yaitu nama orang tua, istri & anaknya.

Suasana kelas hening. Mereka mengira permainan sudah selesai & tak ada lagi yg harus dipilih.

Tiba² Dosen berkata : "Silahkan coret 1 nama lagi !".

Mahasiswa itu mengambil pilihan yg amat sulit lalu dgn perlahan mencoret nama orang tuanya.

Dosen : "Silahkan coret 1 nama lagi !".

Sang Mahasiswa terlihat bingung. Kemudian meng- angkat spidol & lambat laun mulai mencoret nama anaknya sambil menangis.

Setelah suasana tenang sang Dosen bertanya kpd Mahasiswa itu : "Anda tidak memilih orang tua yg telah membesarkan Anda, tidak juga memilih anak yg merupakan darah daging anda sendiri, sedangkan istri itu bisa dicari lagi. Tetapi mengapa anda lebih memilih istri anda ?".

Semua orang di dalam kelas terpana menunggu jawaban dari Mahasiswa itu.

Lalu sang Mahasiswa itu berkata perlahan dgn mata berkaca-kaca : 

"Seiring waktu berlalu, orang tua saya pasti akan meninggalkan saya. Sedangkan anak jika sudah dewasa lalu akan menikah. Setelah itu pasti akan meninggalkan saya juga. Orang yg benar² bisa menemani saya dlm hidup ini hanyalah ISTRI saya. Orang tua & anak, bukan saya yg memilih tetapi Allâh  yg meng-anugerahkan-nya pd saya. Sedangkan ISTRI, sayalah yg memilihnya sendiri dari seluruh wanita yg ada"

Komentar

Postingan populer dari blog ini