Langsung ke konten utama

4 cara tak biasa membangun bisnis

Ada berbagai macam cara untuk mulai membangun bisnis. Mulai dari cara kebanyakan dengan terjun ke bisnis yang sedang trendi hingga cara yang tak biasa untuk membangun bisnis.

Banyak petuah dan tips konvensional yang kita praktikkan dalam membangun bisnis. Semua itu memang berharga, tapi ada kalanya kita sebagai pengusaha melakukan strategi di luar insting, Sesuatu yang out-of-the box yang bisa membawa bisnis kita ke level baru dan membedakannya dari kompetitor.

Berikut empat cara tak biasa yang mungkin bisa diaplikasikan untuk bisnis kita:

PERTAMA, Bekerja sama dengan kompetitor untuk membangun bisnis.

Alih-alih melihat bisnis lain yang punya produk atau layanan sejenis sebagai kompetitor, sebaiknya kita melihat mereka sebagai mitra. Terutama, jika bisnis kita masih baru dan sedang berkembang, tak ada salahnya kita bekerja sama dengan bisnis yang sudah lebih dulu berpengalaman. Misalnya, kita bisa men-share artikel mereka di media sosial atau website kita dan berharaplah mereka juga melakukan sebaliknya. Dengan begitu ‘mitra’ akan melihat bisnis kita dan makin banyak audience yang mengetahui bisnis kita. Membantu bisnis lain sama dengan membantu bisnis kita.

KEDUA, Turunkan ekspektasi kesuksesan saat mulai membangun bisnis.

Tentu indah memiliki mimpi besar dan melakukan apa yang kita suka. Tapi, itu saja tak cukup. Membawa bisnis kita ke tingkat kesuksesan membutuhkan perhitungan dan pengetahuan tentang setiap komponen yang telibat di dalamnya. Jangan terlena dengan ekspektasi, tetaplah melihat tren dan berkontribusi untuk kesuksesan bisnis.

KETIGA, Tunjukan kerentanan.

Banyak orang percaya kerentanan adalah sebuah kelemahan, terutama dalam dunia bisnis. Namun, pemimpin terbaik adalah mereka yang memahami kerentanan sebagai sebuah ‘rahim’ yang melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif. Penting untuk menunjukkan kekuatan bisnis, tapi penting juga untuk menunjukkan kelemahan karena bisnis pun dijalankan oleh manusia yang pastinya memiliki kekurangan.

Misalnya, ketika kita sedang berada dalam suatu acara besar di mana banyak sekali pengusaha papan atas di sekeliling kita, tunjukkan saja pada mereka bahwa bisnis kita pernah gagal dan kita butuh bimbingan serta belajar dari mereka yang sudah sukses. Dengan begitu hubungan kita dengan mereka bisa lebih mendalam dan mereka mungkin mau membantu bisnis kita. Dengan menunjukkan kerentanan atau kelemahan orang-orang akan merasa lebih terhubung dan mempercayai kita.

KEEMPAT, Utamakan konsumen potensial dan pelanggan.

Banyak pendiri bisnis dan pegawainya yang bangun di pagi hari memikirkan self-promotion dan tidur dengan memikirkan topik yang sama. Tak salah, tapi jika ingin meraih pembeli potensial lebih banyak dan menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan, maka utamakanlah mereka. Pelajari bagaimana menguasai cara berpromosi yang tak hanya menguntungkan bisnis, tapi juga pelanggan.

Demikianlah 4 cara tak biasa untuk membangun bisnis yang bisa Anda coba. Selamat membangun bisnis!

http://wp.me/5oEhs

Komentar

Postingan populer dari blog ini