Pelayanan Prima terdiri atas dua kata yaitu
pelayanan dan prima. Pengertian
pelayanan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu suatu usaha untuk membantu
menyiapkan atau mengurus apa yang diperlukan orang lain. Sedangkan pengertian
prima berarti yang terbaik atau yang memuaskan bagi pengguna jasa (customer) atau yang
dilayani. Dengan demikian pelayanan prima berarti pelayanan yang diberikan kepada
masyarakat/pengguna jasa (customer) minimal sesuai dengan standar sehingga orang yang dilayani merasa puas, gembira, atau senang.
Kita sebagai pelayanan bagi
cuatomer kita harus mampu
membuat setiap customer yang dilayani merasa dihormati, dihargai, diperhatikan, dan
dipenuhi kebutuhannya sehingga mereka merasa puas, gembira, dan senang.
Urgensi Pelayanan Prima
1. Kebutuhan Manusia
2.
Kebutuhan Mendesak setiap penyedia jasa/barang
3. Kewajiban Syar’i
Dan carilah pada apa yang
telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah
kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada
orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu,
dan janganlah kamu berbuat
kerusakan di (muka) bumi.
Sesungguhnya Allah tidak
menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan
(Q.S. Al Qashash, 28 :
77)
Sesungguhnya Allah telah
mewajibkan kamu untuk BERBUAT BAIK terhadap segala sesuatu. Jika engkau
membunuh, bunuhlah dengan cara yang baik. Jika engkau menyembelih maka
sembelihlah dengan cara yang baik dan hendaklah engkau menyenangkan binatang
sembelihan (Hadits)
Oleh karena itu, dalam
memberikan pelayanan prima hendaknya :
1. Ikhlash (dengan niat ibadah)
2. Ramah, sopan, dan penuh perhatian
3. Tulus, jujur, dan bersikap menempatkan
kepentingan orang yang dilayani pada urutan nomor satu
4.
Mudah
dihubungi baik langsung maupun tidak langsung misalnya melalui telpon atau HP
5.
Penampilan yang meyakinkan
6.
Pelayanan dilakukan secara tepat, cepat, akurat, dan
murah
Cara Memusatkan Perhatian Kepada
Pelanggan :
1. Mendengarkan dengan penuh perhatian
2. Memperhatikan sikap tubuh
3. Menatap mata pelanggan saat ia berbicara
4. Memperhatikan ekspresi wajah
5. Memperhatikan sikap dan perilaku
6. Menempatkan kepentingan pelanggan pada urutan
nomor satu
7. Mengetahui siapa pelanggan dan apa keinginannya
Komentar
Posting Komentar