Langsung ke konten utama

Service Excelent



Pelayanan Prima terdiri atas dua kata yaitu pelayanan dan prima. Pengertian pelayanan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu suatu usaha untuk membantu menyiapkan atau mengurus apa yang diperlukan orang lain. Sedangkan pengertian prima  berarti  yang terbaik atau yang memuaskan  bagi pengguna jasa (customer) atau yang dilayani. Dengan demikian pelayanan prima berarti  pelayanan yang diberikan kepada masyarakat/pengguna jasa (customer) minimal sesuai dengan standar sehingga  orang yang dilayani  merasa puas, gembira, atau senang.

Kita sebagai pelayanan  bagi cuatomer kita harus mampu membuat setiap customer yang dilayani  merasa dihormati, dihargai, diperhatikan, dan dipenuhi kebutuhannya sehingga mereka merasa puas, gembira, dan senang.

Urgensi Pelayanan Prima
1.      Kebutuhan Manusia
2.      Kebutuhan Mendesak setiap penyedia jasa/barang
3.      Kewajiban Syar’i

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu,
dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi.
Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan
(Q.S. Al Qashash, 28 : 77)

Sesungguhnya Allah telah mewajibkan kamu untuk BERBUAT BAIK terhadap segala sesuatu. Jika engkau membunuh, bunuhlah dengan cara yang baik. Jika engkau menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik dan hendaklah engkau menyenangkan binatang sembelihan (Hadits)

Oleh karena itu, dalam memberikan pelayanan prima hendaknya :
1.      Ikhlash (dengan niat ibadah)
2.      Ramah, sopan, dan penuh perhatian
3.      Tulus, jujur, dan bersikap menempatkan kepentingan orang yang dilayani pada urutan nomor satu
4.      Mudah dihubungi baik langsung maupun tidak langsung misalnya melalui telpon atau HP
5.      Penampilan yang meyakinkan
6.      Pelayanan dilakukan secara tepat, cepat, akurat, dan murah

Cara  Memusatkan Perhatian Kepada Pelanggan :
1.      Mendengarkan dengan penuh perhatian
2.      Memperhatikan sikap tubuh
3.      Menatap mata pelanggan saat ia berbicara
4.      Memperhatikan ekspresi wajah
5.      Memperhatikan sikap dan perilaku
6.      Menempatkan kepentingan pelanggan pada urutan nomor satu
7.      Mengetahui siapa pelanggan dan apa keinginannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini