Langsung ke konten utama

5 kebiasaan perusak keuangan

Tak sedikit seseorang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangannya, mengatur keuangan memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi jika Anda sudah masuk dalam kebiasaan berutang yang dapat membahayakan kesehatan keuangan.
Untuk memastikan Anda terhindar dari kebiasaan buruk yang mengganggu keuangan, berikut daftar yang perlu dihindari:

1. Gila Belanja

Pembelian impulsif berkaitan dengan emosi. Anda akan membeli sesuatu ketika melihat barang yang ingin Anda miliki tanpa berfikir rasional. Padahal bisa jadi Anda tidak benar-benar membutuhkannya atau bahkan tidak mampu untuk membelinya.

Untuk mengekang pengeluaran impulsif ini, jangan langsung membelinya. Berikan waktu bagi diri Anda, sehingga bisa membedakan membeli berdasarkan kebutuhan bukan keinginan. Bisa jadi Anda akan menyadari bahwa Anda tidak benar-benar membutuhkannya setelah proses pemikiran tersebut.

2. Tidak Membuat Anggaran Pengeluaran

Ketahanan finansial tidak dapat terjadi jika Anda tidak memiliki anggaran maupun tidak menaati anggaran yang telah dibuat. Anggaran dapat membuat seseorang melihat berapa banyak uang yang dimiliki dan jenis kebutuhan apa yang membuat pengeluaran terjadi. Hal tersebut dapat membantu Anda menghemat lebih banyak uang, karena menghindari pengeluaran yang tidak benar-benar dibutuhkan.

3. Mengandalkan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan pada keuangan Anda, terutama jika Anda menggunakan mereka sebagai alat pembayaran utama untuk memenuhi kebutuhan. Setiap rupiah yang Anda pakai melalui kartu kredit akan dikenakan biaya berkali-kali karena adanya bunga. Dengan demikian, Anda dapat menghabiskan bertahun-tahun hidup Anda serta jutaan rupiah untuk membayar pengeluaran tersebut.

4. Membeli Gaya Hidup

Terkadang pembelian barang demi mengikuti tren di sekeliling Anda dapat menjadi hal yang baik atau bisa jadi diperlukan. Tetapi jika Anda melakukan hal ini secara teratur setiap harinya, hanya akan membuat biaya yang Anda keluarkan semakin besar.

Mulailah untuk berhenti membeli makanan cepat saji setiap hari dan belajarlah untuk membuat makanan yang dalam jumlah besar dapat Anda nikmati sepanjang minggu. Cobalah untuk berhenti membeli latte mahal di kafe-kafe, karena Anda dapat menyeduh secangkir kopi di rumah sendiri.

5. Kebiasaan Buruk Pribadi

Kebiasaan ini seperti minum alkohol, merokok dan berjudi. Belanja terlalu banyak atau menjadi seorang shopaholic yang membuat Anda menghabiskan uang dalam jumlah besar juga merupakan kejahatan-kejahatan bagi kesehatan keuangan Anda.

From ciputra

Komentar

Postingan populer dari blog ini