Langsung ke konten utama

Panaskan mesin


suatu ketika ada seorang pemuda yang baru membeli sebuah motor sport dengan kapasitas mesin yang sangat besar. Harganyapun sangat mahal hampir seratus  juta.

setiap hari selalu ia rawat dan dipakai jalan2 keliling kota dengan bangganya.

2 minggu kemudian ia harus pergi keluar kota selama 1 bulan penuh karena ada proyek yang harus dikerjakan. ia pun meninggalkan sepeda motor kesayangannya digarasi sebulan penuh.

sebulan kemudian, sang pemuda kembali kerumahnya. karena kangen luar biasa dengan sang motor, ia pun langsung mengeluarkan motornya dari garasi dan hendak dipakai jalan2 keliling kota.

namun apa yang terjadi, ketika coba distarter, motor tersebut tidak menyala. bahkan sdh coba distarter sampai 1 jampun, motor tetap tidak mau menyala.

karena kesal sang pemudapun membawa motornya ke bengkel resmi dan berkata " kok bisa ya, motor sport mesinnya bagus, kapasitasnya tinggi, harganya mahal lagi kok bisa mogok toh, padahal baru saya tinggal sebulan loh"

sang mekanik motor dgn tersenyum bertanya apakah motor tsb selama sebulan penuh, pernah dihidupkan atau dipanaskan mesinnya. sang pemudapun menggeleng, tidak pernah sama sekali.

sang mekanik sambil tersenyum berkata" sebagus apapun kualitas mesin motornya, jika tidak pernah dipakai atau dipanasin dalam waktu yang lama, pasti akan mogok karena semua onderdil dalam mesin diciptakan untuk bergerak".

sahabat seringkali dalam hidup, kita merasa dalam kondisi "mogok". sulit berkembang, pendapatan pas2an, jenuh karena rutinitas. bisa jadi itu karena kita jarang "panaskan mesin" yang Tuhan anugrahkan pada kita. yaitu "mesin fisik", "mesin kecerdasan" dan "mesin hati".

so , mulai sekarang panaskan "mesin fisik" dgn jaga pola makan, panaskan "mesin kecerdasan" dengan selalu berinovasi, panaskan "mesin hati" dengan selalu menebar kebaikan

Relindo Bali

Komentar

Postingan populer dari blog ini